Rekomendasi Menu Sehari-hari Untuk Keluarga

Tugas ibu memasak setiap hari itu terkadang membuat ibu pun kebingungan dalam memilih menu masakan sehari-hari. Salah satu menu pendamping seperti sambal bisa diganti dengan sambal teri, agar supaya tidak bosan dengan sambal yang itu-itu saja. Namun memang untuk menu makanan terkadang memang ibu itu bingung akan memasak apa untuk hari ini.

Sebenarnya ada cukup banyak lho makanan yang menjadi menu makanan sehari-hari banyak keluarga yang ada di Indonesia ini. Akan tetapi masalahnya adalah para ibu terkadang bingung dalam memilih menu yang akan dibuat hari ini, karena terlalu sering memasak. Dan pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa rekomendasi menu makanan keluarga sehari-hari.

Tempe Bacem

Salah satu menu makanan rumahan yang memang cukup sering dipakai untuk makanan sehari-hari itu adalah tempe bacem. Ini adalah menu yang cukup favorit lho, di mana menu tempe bacem ini memiliki rasa yang biasanya dominan lebih manis. Untuk membuat menu makanan ini membutuhkan bahan seperti tempe, bawang putih, kecap, kecap asin, dan lain sebagainya.

Untuk membuat menu ini Anda perlu haluskan bawang putih terlebih dahulu, dan kemudian masak sampai mengeluarkan bau harum. Setelah sudah ada bau harum, Anda tambahkan kecap, kecap asin, dan juga garam secukupnya dan kemudian tambahkan air. Masak sampai air mendidih dan kemudian masukkan tempe dan kemudian aduk sampai rata dan tunggu sampai air berkurang.

Terong Balado

Menu makanan yang selanjutnya adalah terong balado, ini juga menjadi salah satu menu makanan keluarga yang biasa dibuat. Karena memang cara buatnya itu cukup simpel dan juga rasanya pun cukup nikmat untuk dinikmati seharian seperti sambal teri. Menu makanan ini bahan-bahannya itu telur, cabai merah keriting, cabai merah, bawang putih, bawang merah, garam, tomat, serai, dan lain sebagainya.

Pertama Anda buat bumbunya dulu yakni bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai merah, dan juga tomat. Haluskan semuanya dan kemudian masak sampai mengeluarkan bau harum, dan kemudian Anda masukkan serai yang sudah digeprek dan masak sebentar. Setelah itu baru masukkan terong yang sudah disiapkan dan aduk sampai merata dan masak sampai air berkurang.

Telur Balado

Menu berikutnya yang tidak jauh berbeda dengan terong balado yakni telur balado, di mana secara bumbu memang saja. Akan tetapi memang bahan utama di sini mempergunakan telur, dan biasanya telur yang dipakai itu biasanya telur rebus. Jadi secara bumbu memang sama saja dengan terong balado, namun memang Anda mempergunakan telur rebus untuk telur balado.

Langkah pertama rebus telur, dan kemudian sembari menunggu Anda siapkan bumbu balado, langkahnya sama seperti terong balado. Setelah telur matang, Anda kupas dulu dan kemudian mulai masak bumbu seperti halnya Anda memasak terong balado yang sebelumnya. Setelah itu Anda masukkan telur dan aduk sampai telur terselimuti dan tunggu sampai air berkurang banyak.

Sup Ayam

Menu masakan yang selanjutnya adalah sup ayam, ini adalah menu yang memang sangat populer dan juga banyak disukai keluarga. Sup ayam memang juga mudah untuk dibuat, dan bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan dan cara masak yang lainnya. Bahan-bahan yang diperlukan itu mudah didapat, mulai dari sayur-sayuran, ayam, dan lain sebagainya mudah didapatkan.

Jadi sup ayam itu bisa diisi dengan beragam sayur-sayuran seperti wortel, kol, kembang kol, dan bisa didampingi dengan sambal teri. Dan untuk menambah gurih memang biasanya bisa ditambahkan lagi dengan kaldu ayam bubuk, meskipun aslinya sup ayam itu mengandalkan kaldu ayam murni. Jadi biasanya yang utama membuat kaldu ayam dulu dengan merebus ayam cukup lama untuk mendapat kaldu ayam.

Cap Cay

Menu masakan berikutnya yang juga tidak kalah enak dan banyak disukai itu adalah cap cay, ini adalah menu masakan dengan bahan aneka sayuran. Pada dasarnya cap cay itu berisi berbagai macam sayuran, dan biasanya jenisnya bisa lebih dari 2 atau 3 sayuran lho. Biasanya berisi seperti wortel, kol, sawi, jagung muda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rahasia enak dari masakan ini adalah kaldu dan bumbu, di mana kreasi dari masakan cap cay ini pun memang sangat beragam. Anda bisa menambahkan berbagai macam protein ke dalamnya, bisa menggunakan daging, bisa ayam, bisa juga aneka seafood. Dan tentunya Anda bisa tambahkan menu pendamping seperti sambal dan lain sebagainya untuk menambah kenikmatan masakan ini.

Sayur Asem

Masakan selanjutnya adalah sayur asem yang memang khas sekali dipakai oleh banyak keluarga sebagai menu makanan harian. Sayur asem ini memang memiliki karakter rasa yang segar dan juga gurih, dan didominasi oleh sayuran juga. Biasanya isinya itu ada jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu siam, dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Salah satu bumbu yang harus ada adalah asam Jawa, biasanya di tambah cabai agar ada rasa pedas sedikit untuk membangkitkan selera makan. Nah untuk sayur asam sendiri biasanya sayur-sayurannya itu dalam kondisi sudah layu atau sudah empuk, jadi perlu sedikit lebih lama memasaknya. Dan memang menu ini pun bisa dikreasikan dengan berbagai macam protein seperti udang, ayam, daging, dan lain sebagainya.

Namun memang kami prefer untuk memakai seafood agar supaya lebih segar, dan bisa ditambahkan sambal teri juga untuk menambah sensasi pedas. Demikianlah rekomendasi makanan harian keluarga.