Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh sehat dengan memiliki tubuh yang tinggi dan berat badan yang ideal. Di dalam dunia kesehatan cara untuk meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal, maka seorang anak harus mempunyai makanan yang kaya akan nutrisi.

9 Nutrisi Penting Untuk Anak

Akan tetapi sebelum memberikan asupan makanan yang sehat, maka Anda perlu mengetahui 9 nutrisi untuk anak sebagai berikut.

  1. Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang berperan penting untuk menumbuh kembangkan kesehatan tulang dan gigi. Dengan pentingnya kalsium untuk fungsi tulang dan gigi, maka Anda perlu memberi makanan atau minuman misalnya ikan keju dan segelas susu. Susu telah mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan anak, mulai dari protein, magnesium, lemak dan mineral penting lainnya.

  1. Protein

Protein akan membantu membangun serta memperbaiki kesehatan jaringan pada tubuh, protein berfungsi sebagai pemecah makanan hingga tumbuh menjadi energi untuk melawan infeksi, menyembuhkan luka dengan cepat dan membantu mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk memperoleh sumber protein yang banyak, maka harus mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan protein di antaranya: Telur, daging ayam bagian dada, daging sapi, ikan salmon, tuna, udang, susu dan produk olahan, kacang kedelai, brokoli dan biji labu.

  1. Karbohidrat

Gula atau biasa disebut juga dengan karbohidrat adalah sumber utama yang diperlukan oleh tubuh manusia. Gula yang akan diserap oleh tubuh merupakan gula yang berbentuk glukosa dan juga fruktosa. Gula yang dikonsumsi bisa juga diserap langsung oleh tubuh akan tetapi bisa juga menjadi cadangan energi dalam tubuh.

Gula yang baik dikonsumsi oleh anak-anak adalah gula yang terkandung di dalam buah atau sayuran. Sumber makanan yang kaya akan karbohidrat di antaranya sayur, buah, mie, tepung, roti, umbi- umbian dan pasta.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu unsur yang memiliki peran penting dalam memproduksi pigmen merah yang membawa oksigen ke darah (hemoglobin), sehingga kekurangan zat besi akan menyebabkan anak anemia. Untuk menghindari anemia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi misalnya, daging merah, jeroan, ikan makanan laut, tahu, sayuran hijau, biji buah labu dan kacang-kacangan.

  1. Magnesium

Magnesium berguna untuk menjaga pertumbuhan tulang agar tetap kuat dan sehat. Nutrisi magnesium terkandung dalam cokelat hitam, pisang, pisang, tahu dan tempe, kacang-kacangan, alpukat, ikan, sayuran hijau, dan ganduh utuh. Selain itu makanan lainnya yang memiliki magnesium lebih rendah adalah nasi merah, kentang, roti gandung, apel daging dan susu.

  1. Kalium

Kalium merupakan zat gizi yang memiliki tugas dalam tubuh untuk menjaga tekanan darah dengan mengontrol tingkat keseimbangan air. Untuk mempertahankan jumlah kalium dalam tubuh, seorang anak perlu mengonsumsi makanan seperti pisang, tomat dan susu. Selain mempunyai manfaat untuk menjaga tekanan darah, dengan mengonsumsi makanan tersebut akan mengurangi jumlah kalsium yang masuk ke urine.

  1. Vitamin A

Dalam dunia kesehatan vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan tulang pada anak. Untuk menambah pertumbuhan dan kesehatan tulang serta mata, maka seorang anak perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti daging sapi, susu, dan buah-buahan yang berwarna cerah.

  1. Vitamin C

Nutrisi dalam vitamin C sangat berguna untuk anak dalam membantu proses pembentukan dan perbaikan sel merah, tulang, dan jaringan di tubuh. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dari vitamin C pada tubuh Anak Anda, maka perlu mengonsumsi jambu merah, cabai merah, jeruk, buah pepaya, dan buah nanas.

  1. Vitamin D

Nutrisi vitamin D memiliki manfaat yang sangat penting untuk tumbuh kembang yang optimal pada tubuh seorang anak. Vitamin ini memiliki manfaat untuk pertumbuhan tulang pada anak serta memiliki fungsi yang efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Vitamin D biasanya diperoleh dari buah- buahan dan sayur seperti jeruk, jamur, bayam, brokoli dan juga kedelai.

Demikian telah kami bagikan 10 nutrisi yang membantu masa pertumbuhan anak-anak. Untuk menjaga pertumbuhan anak-anak secara optimal, tentu Anda harus terus mengikuti pola makan yang sehat menurut dunia kesehatan agar jaringan dalam tubuh terus diperbaiki dan kesehatan anak selalu terjaga.