Alasan Pertanian Sangat penting Bagi Kehidupan Kita

Pertanian sebenarnya merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, karena pertanian itu merupakan penghasil makanan yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Prospek kerja Agribisnis dan gajinya memang di beberapa tahun belakangan sudah mulai naik dan membaik, karena memang sudah menjadi kebutuhan utama. Tapi mungkin tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya pertanian dalam kehidupan manusia, dan masih menyepelekan pekerjaan tani.

Kondisi Pertanian Di Indonesia

Meskipun sektor pertanian itu sangat penting, tapi tidak bisa dipungkiri kalau para petani di Indonesia ini masih menjadi penyumbang angka kemiskinan terbesar di Indonesia. Padahal sebenarnya pada awal tahun 2021 hanya sektor pertanian saja yang mengalami laju pertumbuhan yang positif yakni 2,5%. Data ini memang kemudian mendorong pemerintah Indonesia untuk memperkuat stakeholder dan juga mendorong ketahanan pangan di Indonesia.

Langkah pemerintah tersebut bisa jadi akan mengubah kondisi pertanian Indonesia terutama kesejahteraan para petani yang sebenarnya sangat penting bagi kehidupan. Bahkan pertumbuhan ekonomi dan juga pembangunan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya pertanian yang maju dan juga berkembang loh. Jadi kita perlu mendukung langkah pemerintah untuk mengupayakan ketahanan pangan dengan memajukan pertanian.

Alasan Pertanian Sangat Penting

Sektor pertanian dan juga peternakan itu sebenarnya merupakan sektor yang sangat penting bagi sebuah negara loh. Bagi kelangsungan hidup manusia pun sebenarnya kedua sektor tersebut memang menjadi sektor kunci dan krusial yang harus diupayakan untuk terus berjalan. Ada beberapa alasan yang membuat pertanian itu penting dalam kehidupan, berikut ini beberapa di antaranya.

1.      Penghasilan Pangan Sebagai Kebutuhan Utama Manusia

Alasan pertama yang menjadi salah satu faktor kunci dari pertanian yakni soal makanan yang memang menjadi kebutuhan utama manusia. Pertanian itu menghasilkan makanan mulai dari beras, sayuran, dan lain sebagainya yang menjadi makanan pokok orang Indonesia. Makanan itu menjadi sumber utama dalam kehidupan yang akan mempengaruhi segala aspek lainnya dalam kehidupan.

2.      Menjaga Ketahanan Pangan Suatu Negara

Alasan yang kedua yakni bisa menjaga ketahanan pangan suatu negara yang menjadi perhatian khusus dari berbagai negara. Prospek kerja agribisnis dan gajinya memang belum membaik, namun ke depannya kami rasa akan semakin membaik. Dengan fokus pemerintah untuk membangun ketahanan pangan, maka kemungkinan prospek pekerjaan pertanian pun akan jadi semakin baik.

3.      Mendukung Laju Pertumbuhan Ekonomi

Alasan yang ketiga yakni bisa menjadi pendukung laju pertumbuhan ekonomi suatu negara, meskipun merupakan salah satu sektornya. Bahkan menurut Sri Mulyani sektor pertanian ini menjadi salah satu instrumen yang membantu pemulihan ekonomi di Indonesia. Di masa pandemi pun sektor pertanian mengalami laju pertumbuhan yang positif dan juga cukup menjanjikan.

4.      Menjaga Ekosistem Lingkungan

Alasan yang keempat yakni soal ekosistem lingkungan, di mana ini juga hal penting yang sering diabaikan oleh manusia. Menjaga kelestarian alam bisa dilakukan sekaligus ketika pertanian di suatu negara semakin baik, dan ini akan kembali ke manusia juga. Ekosistem yang terawat akan membuat lingkungan hidup jadi nyaman untuk ditinggali oleh manusia.

5.      Meningkatkan Pendapatan Nasional

Alasan yang kelima pertanian menjadi salah satu bagian yang sangat penting yakni membantu untuk meningkatkan pendapatan nasional dari suatu negara. Ketika sektor pertanian mengalami perkembangan, maka petani akan mendapatkan penghasilan atau pendapatan yang lebih besar. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan nasional dan membuat angka kemiskinan pun jadi menurun.

6.      Mengurangi Pengangguran

Alasan yang keenam yakni mengurangi pengangguran, di mana lahan pertanian itu akan bisa menjadi lapangan pekerjaan. Bila sektor pertanian semakin maju, maka akan ada banyak lahan yang bisa dipergunakan untuk pertanian dengan pendapatan yang menjanjikan. Jadi sudah pasti banyak orang yang akan tertarik dan itu sudah pasti akan membantu untuk mengurangi pengangguran juga.

Potensi Pertanian Di Indonesia

Berbicara soal potensi pertanian memang kemungkinan akan semakin baik, terutama bila langkah pemerintah itu memang direalisasikan dengan baik. Kemungkinannya sangat besar kalau para petani itu akan bisa mendapatkan kesejahteraan dengan langkah tersebut. Hal ini membuat prospek kerja agribisnis dan gajinya itu semakin meningkat dan akan semakin diminati.