Pentingnya Memilih Sumber Informasi Tepat dan Terpercaya

Era digitalisasi yang semakin berkembang membuat kita harus berhati-hati dalam pemilihan sumber informasi, karena sekarang ini banyak sekali informasi yang belum diketahui kebenarannya. Kita harus bisa memilih berita dan informasi terpercaya, pastikan bahwa setiap informasi yang kita dapatkan berasal dari sumber yang tepat.

Pengertian Sumber Informasi

Sumber informasi merupakan suatu media yang digunakan untuk mendapatkan informasi melalui beberapa media seperti media cetak (majalah, koran), media elektronik (internet, radio, televisi). Segala informasi yang didapatkan tersebut akan membuat pengetahuan seseorang dapat meningkat dan juga luas, salah satunya adalah dengan membaca karena kegiatan tersebut akan dapat menambah wawasan lebih baik daripada mendengarkan atau melihat.

Macam-macam Sumber Informasi

Media Elektronik

Sebagai salah satu media yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini untuk mendapatkan informasi ini dari berbagai sumber, media elektronik meliputi:

1. Televisi

Banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari televisi seperti informasi tentang kesehatan, fashion, bahkan yang berbentuk sandiwara atau sinetron, kita akan mendapatkan manfaat yang baik juga jika kita bisa menggunakannya dengan tepat.

Baca juga : Alasan Pertanian Sangat penting Bagi Kehidupan Kita

2. Radio

Sumber informasi juga bisa didapatkan melalui radio, informasi tersebut dapat di dapatkan melalui bentuk obrolan atau tanya jawab, sandiwara radio, dan juga ceramah.

3. Video

Sumber informasi yang sekarang ini lebih banyak digunakan adalah melalui video, karena tidak hanya menampilkan tulisan dan juga suara namun juga biasanya disertai dengan gambar atau efek visual yang membuat penonton merasa nyaman saat menonton video tersebut.

4. Internet

Segala informasi yang terdapat pada internet bersifat sangat luas dan tanpa batas, kita bisa mencari informasi apa pun dengan mudah.

Media Cetak

Selain dari media elektronik ada juga media cetak yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi, media cetak meliputi:

1. Booklet

Merupakan salah satu media cetak yang berbentuk buku-buku yang di dalamnya terdapat tulisan ataupun gambar.

2. Leaflet

Merupakan bentuk media penyampaian informasi dalam bentuk lembaran yang dilipat isinya bisa berupa tulisan ataupun gambar atau bisa juga kombinasi.

3. Selebaran

Mempunyai bentuk yang hampir sama dengan leaflet.

4. Lembar balik

Media yang berbentuk seperti buku di mana pada halaman sebaliknya terdapat informasi yang berkaitan dengan lembar atau halaman sebelumnya.

5. Poster

Media yang satu ini biasanya ditempelkan pada tembok lembarannya berisi tentang informasi.

Karakteristik Data Untuk Informasi Berkualitas

Agar mendapatkan informasi yang berkualitas tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang karakteristik dari data tersebut, tujuannya adalah agar sebuah informasi dapat diproses oleh individu dengan baik. Berikut adalah karakteristik data untuk informasi berkualitas:

– Akurat

Informasi yang berkualitas tentunya di dapat dari data yang benar, akurat, dan juga lengkap, oleh karena itu kita harus memastikan bahwa setiap informasi yang didapat mempunyai keakuratan data yang baik.

Saat ada yang menyebarkan suatu informasi kita harus mengetahui juga orang pertama yang menyebarkan informasi tersebut, sebagai tanda bahwa akan ada yang bertanggung jawab atas sesuatu yang akan terjadi diakibatkan oleh informasi tersebut.

– Tepat Waktu

Selain data yang akurat untuk informasi yang berkualitas juga membutuhkan ketepatan waktu pada data yang dibutuhkan, agar pemanfaatannya tepat guna maka data harus diperoleh dengan cepat dan juga tepat.

– Relevan

Sebuah data harus relevan baik itu dalam bentuk konteks maupun subyek, data yang relevan akan menghasilkan berita dan informasi terpercaya. Tingkat relevansi pada sebuah informasi menjadi penting, karena dari relevansi informasi tersebut akan menjadi variabel-variabel yang digunakan untuk suatu pengambilan keputusan.

– Data yang cukup

Untuk memperoleh informasi yang berkualitas maka dibutuhkan data yang cukup, dalam artian informasi yang disampaikan sesuai dengan data tanpa dilebih-lebihkan.

– Nilai Informasi

Sebuah informasi yang bermanfaat bagi pembacanya tentu akan memberikan nilai yang tinggi namun sebaliknya jika sebuah informasi tidak memberikan manfaat maka nilainya pun akan rendah. Selain itu suatu informasi akan menjadi berharga atau penting jika tersampaikan kepada orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Pentingnya Pemahaman Informasi

Banyaknya informasi yang bisa dicari melalui internet membuat kita harus lebih memahami tentang informasi yang berkualitas dan juga dapat dipercaya, karena sekarang ini banyak berita ataupun informasi yang tidak dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Penyebabnya adalah karena kurangnya kemampuan dalam memahami dan juga melakukan evaluasi tentang informasi tersebut, berikut adalah beberapa alasan yang membuat kita harus benar-benar memahami tentang suatu informasi terutama pada era digitalisasi:

– Meningkatkan Kemampuan dalam Membaca dan Menulis

Melalui kegiatan membaca dan menulis seseorang akan mendapatkan informasi yang lebih mendalam serta mempunyai tingkat pemahaman yang lebih baik, selain itu melalui kemampuannya dalam menulis akan sangat membantu dalam mengorganisir suatu informasi dengan baik

– Menghindari Penyebaran Berita Palsu

Dengan mempunyai kemampuan dalam memahami informasi yang baik maka seseorang akan terhindar dari berita atau informasi yang palsu atau hoaks, hal tersebut terjadi karena pemahaman tersebut dapat membuat seseorang lebih teliti dalam memilih dan memilah suatu informasi yang terpercaya sehingga dapat meminimalisir penyebaran berita palsu.

– Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Segala informasi yang didapat akan dievaluasi dan juga dianalisis dengan baik, dengan begitu seseorang dapat memahami informasi dengan baik sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat.

Dengan mudahnya akses internet memudahkan juga dalam penyebaran informasi, maka dari itu kita harus bisa memilah dan memilih berita dan informasi terpercaya agar terhindar dari penyebaran berita dan informasi palsu.