Ide Keren Untuk Liburan Keluarga Agar Makin Seru

Berlibur bersama anggota keluarga merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Banyak destinasi – destinasi wisata yang bisa Anda jadikan tujuan untuk berlibur bersama keluarga. Memilih destinasi wisata yang unik bisa menjadi ide liburan yang seru bersama keluarga. Destinasi wisata yang unik dan memberi pengalaman seru salah satunya adalah Savana Tianyar yang berada di wilayah Bali timur atau tepatnya Karangasem.

Kawasan Bali timur memang terkenal dengan destinasi alamnya yang menarik perhatian banyak wisatawan. Belum lama ini, hadir tempat baru yang menjadi destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan menyajikan pengalaman yang unik. Destinasi atau tempat wisata yang menyajikan pemandangan cantik berupa padang rumput dengan latar belakang pemandangan Gunung Agung di bagian barat membuat siapa pun yang berkunjung dapat merasakan sensasi liburan yang beda dari yang lain.

Daya Tarik Wisata Alam Yang Satu Ini

Savana Tianyar merupakan kawasan wisata yang menyajikan pemandangan berupa hamparan padang rumput yang luas dan padang rumput tersebut dipengaruhi oleh kondisi musim. Saat memasuki musim kemarau, hamparan rumput yang luas tersebut akan menyajikan pemandangan rumput yang berwarna cokelat kekuningan, sedangkan ketika memasuki musim hujan, padang rumput menjadi berwarna hijau. Kedua kondisi tersebut menambah keunikan dari destinasi wisata ini.

Hamparan rumput yang luas ini saat kondisinya pada musim kemarau disebut mirip dengan savana di Afrika yang menyajikan pemandangan eksotis sedangkan saat memasuki kondisi musim hujan, hamparan rumput di sini disebut mirip dengan savana di kawasan Switzerland. Dari kawasan ini, Anda bisa menikmati sajian pemandangan indah Gunung Agung yang tampak dari kejauhan. Selain itu, di kawasan ini Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Meskipun dikatakan bahwa kawasan ini memiliki kemiripan dengan savana di benua Afrika, namun di tempat ini tidak terdapat hewan – hewan yang berkeliaran dengan bebas, sehingga jika Anda berlibur bersama anggota keluarga dan membawa anak- anak, akan aman untuk dikunjungi.

Lokasi Destinasi Wisata Ini

Destinasi wisata alam ini berlokasi di desa Tianyar, kecamatan kubu, kabupaten Karangasem, Bali. Jika Anda mengambil patokan dari pusat kota Denpasar, Anda akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 77 km atau jika diukur dengan estimasi waktu, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam 30 menit untuk sampai ke lokasi. Walaupun perjalanan untuk menuju ke lokasi cukup jauh, Anda bisa menikmati pemandangan yang cantik di sepanjang jalan menuju ke lokasi Savana Tianyar.

Untuk dapat memasuki kawasan wisata alam ini, Anda tidak dikenakan biaya masuk atau gratis, karena pada dasarnya kawasan ini belum dikelola secara profesional oleh pihak yang berwenang. Kawasan ini paling ramai dikunjungi saat waktu matahari terbenam dan matahari tenggelam karena pemandangannya yang begitu indah di waktu – waktu tersebut.

Aktivitas Yang Dilakukan Di Sini

Saat Anda mengunjungi destinasi wisata alam ini untuk liburan bersama keluarga, beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Berfoto dengan pemandangan indah

Hamparan rumput yang luas dan pemandangan yang begitu indah di sekitar area kawasan wisata savana sangat cocok untuk Anda yang hobi fotografi. Anda dapat mengambil spot – spot foto yang memiliki pemandangan indah dari berbagai angle.

  1. Berkeliling dan menikmati pemandangan

Mengelilingi padang rumput yang luas sembari menikmati keindahan pemandangan dari padang rumput yang luas dengan latar belakang pesona keindahan gunung agung menjadi kegiatan yang sangat cocok dilakukan di sini. Ditambah lagi, beberapa ekor kuda yang banyak ditemukan di sekitar kawasan akan menjadi pemandangan unik selama Anda mengelilingi area kawasan.

  1. Berkemah di sekitar area kawasan

Selain menikmati keindahan pemandangannya yang khas ala pegunungan, Anda juga bisa menikmati liburan dengan mendirikan tenda – tenda kecil untuk bermalam di sekitar kawasan ini. Namun, Anda perlu membawa sendiri perlengkapan kemah atau camping tersebut jika Anda ingin berkemah karena belum terdapat fasilitas yang menyediakan peralatan tersebut.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda jadikan referensi untuk ide liburan yang seru bersama keluarga dengan mengunjungi destinasi wisata Savana Tianyar yang terletak di kabupaten Karangasem, Bali.