Perbedaan Keramik, Granit, dan Tegel untuk Rumah

Ketika membangun sebuah rumah, kita pasti akan memilih material terbaik untuk setiap detailnya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam pemilihan materialnya adalah lantai. Beberapa pilihan yang tersedia antara lain keramik, granit, atau tegel.

Memang belakangan ini granit cenderung banyak diminati. Kemajuan teknologi membuat terobosan-terobosan baru dalam produksi granit. Salah satu yang mengembangkannya adalah Titanium Granite.

Memilih material lantai rumah memerlukan pengetahuan tentang material-material yang mungkin dipakai. Untuk itu, perlu kita pahami terlebih dahulu apa saja perbedaan antara material-material tersebut. Berikut ini merupakan ulasan bagaimana membedakan antara tiga material lantai, yaitu keramik, granit dan tegel.

Fungsi dan Keunggulan

Pembeda di antara ketiga material tersebut biasanya berdasarkan mutu, selera, dan fungsinya.

  1. Keunggulan Keramik

Keramik merupakan salah satu material lantai yang laris digunakan. Keramik dipilih karena memiliki permukaan yang halus, memiliki glazur, mudah dirawat dan awet. Keramik terbuat dari tanah liat yang dilapisi glazur kemudian masuk dalam proses pembakaran dalam suhu tinggi, sampai 700 derajat celcius.

Jenis dan pilihan warna keramik pun beragam, menjadi salah satu pertimbangan kenapa keramik dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang. Adapun beberapa keunggulan keramik yang lebih terperinci sebagai berikut :

  • Kuat dan tahan lama
  • Daya serap air tinggi
  • Perawatan mudah
  • tersedia dalam berbagai ukuran dan warna
  • Lebih sehat
  • mudah didapatkan
  1. Keunggulan Granit

Granit merupakan pesaing keramik belakangan ini. Terbuat dari bahan alami, dengan corak yang lebih terlihat estetik membuat granit banyak dipilih. Meskipun dari segi harga dan perawatan lebih tinggi, granit tetap diminati karena keindahan dan kekuatannya.

Secara alami, granit terbuat dari jenis batuan intrusif, felsik, egnius yang cukup banyak di sekitar kita. Kemudian batuan tersebut diolah menggunakan teknologi tinggi, sehingga menghasilkan kualitas yang baik. Salah satu produsen granit terbaik adalah Titanium Granite.

Beberapa keunggulan granit yang lebih terperinci adalah sebagai berikut

  • Tahan lama
  • Cocok di area basah
  • Mengurangi resiko alergi
  • Memiliki corak estetik yang lebih alami
  1. Keunggulan Tegel

Tegel merupakan material pilihan untuk lantai yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Bagian atasnya menggunakan penghalus yang dibuat menggunakan bahan semen khusus. Adonan yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam cetakan dengan ukuran sesuai yang diinginkan.

Tegel dipilih karena memberikan nuansa klasik dan aksen jadul. Selain itu tegel juga cukup kuat dan mudah dibersihkan. Beberapa keunggulan lantai tegel lebih lanjut adalah sebagai berikut :

  • Memberikan kesan adem dan tenang
  • Memberikan nuansa klasik’
  • Harga relatif murah
  • Memiliki banyak motif yang terus berkembang
  • Mudah dipasang.

Perbandingan Harga

Dalam pemilihan material rumah, mau tidak mau kita akan berbicara dengan bandingan harga antara satu material dan pilihan yang lain. Meskipun terkadang harga menjadi bahan pertimbangan ke sekian, namun penting juga mengetahui perbandingan harga material lantai di atas.

Secara harga, keramik dan tegel memang lebih murah dibandingkan dengan marmer. Kebanyakan orang memilih marmer bukan atas pertimbangan harga, melainkan kualitas dan selera. Khusus untuk granit, berbagai varian corak dan harga dapat ditemukan di Titanium Granite.

Cara Pemasangan

Pembeda yang lain antara tiga material tersebut adalah pada cara pemasangan. Keramik dan tegel cukup mudah dalam pemasangan. Terutama untuk ukuran kecil seperti 30 x30 cm, atau 40×40 cm, kecuali untuk ukuran ekstra seperti 60 x60 cm, memang membutuhkan teknik khusus.

Pemasangan granit sendiri membutuhkan skill khusus dan alat bantu yang memadai. Sebab ukuran granit cenderung lebih besar, biasanya minimal granit berukuran 60 x 60 cm. Granit memiliki ukuran yang besar karena memaksimalkan corak yang ada secara alami, maka ukuran granit akan sesuai dengan corak yang sudah ada dan disediakan oleh alam.

Pemilihan material lantai membutuhkan banyak pertimbangan seperti biaya, selera serta fungsi. Bagi yang menyukai hal klasik akan cenderung memilih tegel, bagi yang mempertimbangkan harga, cenderung akan memilih keramik, dan bagi yang menginginkan lantai elegan dan alami akan memilih granit. Agar lebih puas, dapat langsung memilih granit yang sesuai selera di Titanium Granite.

Mau memilih lantai yang seperti apa kembali pada selera dan konsep rumah yang Anda buat, jangan sampai salah pilih ya. Perbanyak referensi dan pengetahuan Anda mengenai material lantai sebelum eksekusi, semoga bermanfaat.