Teknik Memutar Setir Mobil yang Tepat

Berkendara dengan mobil membuat perjalanan semakin nyaman karena terhindar dari panas dan hujan. Akan tetapi, itu tidak berarti menyetir mobil bisa seenaknya saja. Menyetir mobil juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Keselamatan jiwa penumpang akan ada di tangan sopir. Oleh karena itu, sopir harus tahu bagaimana cara menyetir mobil yang benar untuk menjaga keselamatan seluruh awak penumpang mobil.

Teknik Memutar Setir Mobil

Jika dilihat dari luar, memutar setir mobil dan berkelok kanan kiri terlihat biasa dan mudah. Akan tetapi, memutar setir mobil itu ternyata ada tekniknya tersendiri. Teknik ini perlu diaplikasikan agar menunjang keselamatan sopir maupun penumpang. Teknik yang akan dijelaskan disini juga bukan tidak beralasan. Ada alasan tertentu kenapa teknik ini harus diaplikasikan.

Dalam dunia setir mobil, ada 3 teknik yang biasa dilakukan oleh sopir. Teknik tersebut adalah teknik push and pull, teknik silang, dan teknik satu tangan. Ketiga teknik ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Teknik-teknik ini juga mempunyai aturan kondisinya tersendiri.

Memutar Setir Mobil yang Benar dan Tepat

Dari ketiga teknik yang telah dijelaskan tadi, teknik untuk memutar setir mobil yang disarankan adalah dengan menggunakan teknik cross dan teknik silang. Menurut pakar setir mobil, teknik satu tangan untuk memutar setir mobil sangat tidak disarankan. Selain karena berbahaya, memutar setir dengan satu tangan saja akan menimbulkan resiko kegagalan saat memutar setir. Tumpuan pada setir tidak terlalu stabil jika menggunakan satu tangan, sehingga hal ini akan menimbulkan resiko tangan tergelincir dan berakibat fatal.

Memutar setir atau berbelok dengan satu tangan juga sangat tidak disarankan karena sopir tidak mempunyai control penuh terhadap setir. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka sopir akan kaget dan tidak waspada yang akhirnya akan berakhir pada kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, memutar dan berbelok dengan satu tangan saja juga beresiko menimbulkan cedera pada urat di bahu. Maka dari itu, teknik satu tangan ini sangat tidak direkomendasikan dipakai ketika memutar ataupun berbelok.

Selain teknik satu tangan, pakar setir mobil menyarankan untuk teknik cross atau tangan menyilang ini juga tidak bisa sembarangan dipakai ketika memutar setir mobil. Teknik cross atau tangan menyilang ini lebih baik digunakan ketika memutar setir pada kecepatan di bawah 30 km/jam. Selain dapat menimbulkan resiko, teknik menyilang ini juga berpotensi terkena airbag ketika mengembang.

Teknik Paling Tepat untuk Memutar Setir Mobil

Nah, teknik yang paling tepat untuk memutar setir mobil adalah dengan menggunakan teknik push and pull. Teknik ini dianggap aman karena posisi tangan berada di luar kemudi, bukan berada di atas maupun di dalam kemudi. Hal ini menyebabkan tangan mempunyai control penuh terhadap setir, dan sopir akan lebih mudah waspada ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti jalan berlubang, jalan yang licin dan marabahaya di jalanan yang lain.

Yap, itulah beberapa teknik memutar setir mobil yang bisa diaplikasikan dengan tepat oleh para supir. Teknik-teknik diatas perlu dipelajari dengan baik agar sopir maupun penumpang terselamatkan dari marabahaya di jalanan. Tidak hanya itu, teknik-teknik tersebut yang dijelaskan diatas juga harus menyesuaikan kondisi. Sopir sendiri memang biasanya sudah mempunyai insting mengemudi, sehingga saat menyupir teknik yang dipakai tentunya adalah teknik ternyaman ketika mengemudi. Tapi, alangkah baiknya jika membiasakan teknik menyetir yang tepat untuk meminimalisir resiko bukan?

Related Post