Cerdas Jaga Berat Badan Meski Hobi Makan

Hampir semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan berat badan yang ideal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bahwa bukan hanya dengan mengatur pola makan saja, menu makanan pun harus diusahakan sehat dan rutin berolahraga. Apalagi sekarang sudah ada kalkulator BMI yang bisa digunakan untuk menghitung berapa berat badan yang ideal sehingga memiliki patokan yang akurat.

Cara Cerdas Untuk Jaga Berat Badan Meski Hobi Makan

Lalu bagaimana dengan mereka yang hobi makan? Apakah tetap bisa menjaga berat badan dengan benar? Dalam artikel berikut ini akan Kita bagikan cara cerdas untuk menjaga berat badan tetap ideal meski memiliki hobi makan. Tentunya dengan tetap menggunakan fungsi kalkulator BMI untuk memastikan berat badan Anda ideal.

  1. Usahakan untuk tetap sarapan

Menurut sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa ternyata orang yang terbiasa melewatkan sarapan justru memiliki resiko untuk naik berat badannya ketimbang mereka yang rutin sarapan di setiap pagi mereka. Alasannya adalah mereka yang tidak sarapan akan lebih merasa kelaparan di siang hari yang akan merangsang hormon Leptin dikeluarkan dan berakibat pada kurangnya kontrol terhadap makanan yang disantap.

Tak sarapan di pagi hari justru akan membuat Anda makan berlebihan di siang hari, namun tubuh Anda kurang produktif di pagi hari karena kekurangan energi.

  1. Atur menu makan

Cara cerdas yang kedua adalah dengan mengatur menu makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya sehingga selain memiliki bentuk tubuh yang ideal, Anda juga memiliki tubuh yang sehat. Mengatur menu makanan yang sehat adalah yang seimbang kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Jangan hindari makanan kesukaan

Setiap orang pasti memiliki makanan favorit masing-masing. Namun banyak yang menahan diri untuk tidak menyantapnya karena khawatir akan membuat berat badan naik tak terkendali. Padahal sebenarnya Anda masih bisa menyantapnya dengan nikmat namun tetap tak beresiko apa pun pada tubuh Anda.

Caranya adalah dengan menyantap makanan favorit di pagi hari. Kandungan gula atau lainnya yang kemungkinan berefek tak baik pada tubuh Anda akan segera diolah menjadi energi yang akan habis Anda gunakan untuk beraktivitas. Setelah itu, pastikan perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan segar serta sehat untuk kebaikan tubuh Anda.

  1. Pastikan untuk tetap aktif bergerak

Di zaman serba digital dan instan seperti saat ini, semakin banyak jumlah orang yang malas untuk bergerak. Tahukah Anda bahwa hal itu turut memicu naiknya berat badan secara tak terkendali karena penumpukan lemak dalam tubuh karena kalori yang tersimpan tak diubah menjadi energi.

Dengan bergerak, maka kalori yang tersimpan dalam tubuh yang berasal dari makanan akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Hal itulah yang akan membuat berat badan Anda menjadi lebih ideal dan proporsional sekaligus tetap sehat.

Tips Miliki Badan Ideal, Sehat dan Berisi

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal, sehat dan berisi. Hal itu bisa dengan mudah terwujud asalkan ada kemauan dan rencana untuk mewujudkannya.

Bahwa untuk memiliki badan yang ideal, proporsional, sehat sekaligus berisi sesuai dengan kalkulator BMI, memang harus menjalankan beberapa tips berikut ini.

  • Konsumsi makanan tinggi protein

Badan sehat dan ideal saja ternyata belum cukup, paling tidak Anda juga harus memiliki tubuh yang terlihat berisi sehingga memiliki kesan bagus pada penampilan Anda. Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi kandungan protein sehingga bisa memaksimalkan kandungan gizi dan nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

  • Minum susu

Banyak yang meremehkan kegunaan minum susu untuk kesehatan tubuh. Padahal dengan minum susu secara rutin akan membuat kebutuhan kalsium yang diperlukan untuk memiliki tulang dan gigi yang sehat akan terpenuhi dengan baik.

Anda bisa memilih jenis susu sapi atau kambing, atau susu non laktosa seperti susu kedelai sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Usahakan untuk minum susu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Konsumsi multivitamin dan suplemen

Saat ini ada banyak sekali jenis suplemen dan multivitamin yang dijual di pasaran. Tersedia untuk kalangan anak-anak hingga orang dewasa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh mereka dengan optimal setiap harinya. Konsumsi suplemen atau multivitamin akan membantu daya serap nutrisi dan gizi dari makanan ke dalam tubuh sehingga Anda pun akan sehat dan tak mudah sakit.

  • Perbanyak minum air putih

Semua orang sepakat bahwa memperbanyak minum air putih akan memberikan efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dan hal itu memang benar, Anda akan lebih mudah untuk memiliki tubuh yang sehat, ideal dan berisi dengan perbanyak minum air putih setiap harinya sehingga tubuh tidak dehidrasi.

  • Boleh ngemil asalkan sehat

Siapa bilang Anda tak boleh ngemil? Boleh saja hal itu dilakukan asalkan harus pandai memilih jenis cemilan yang sehat dan kaya akan nutrisi baik untuk tubuh Anda. Jangan lupa untuk selalu cek berat badan Anda dengan kalkulator BMI sehingga terpantau dengan baik.