4 Peran Marketing Dalam Dunia Bisnis

Arti istilah marketing di dalam bahasa Indonesia yaitu pemasaran. Jadi marketing merupakan sebuah usaha yang dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah produk atau pun mengenalkan produk ke masyarakat luas dengan menggunakan berbagai macam cara. Memasarkan produk saat ini sudah lebih mudah dengan bantuan creative agency.

Marketing sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis dan tanpa adanya marketing pasti perusahaan ataupun pelaku bisnis akan kesulitan untuk menjual produk mereka. Untuk mengetahui apa saja peran marketing tersebut ada baiknya membaca ulasan berikut.

Peran Utama Marketing di Dalam Bisnis

Marketing merupakan ujung tombak sebuah bisnis dan keuntungan dan kerugian menjalankan bisnis tergantung dari bagaimana pelaku bisnis mengatur proses marketing. Jadi kalau ingin mendapatkan keuntungan maka harus bisa menguasai ilmu marketing dan mampu menyusun strategi Marketing untuk bisnis yang dijalankan.

Agar nantinya tidak mengalami kerugian sebaiknya harus memahami dulu seberapa penting peran marketing dalam proses menjalankan bisnis. Sebenarnya peran marketing sendiri cukup banyak berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai peran marketing.

  • Membuat Produk Semakin Terkenal

Produk bisa terkenal apabila pelaku bisnis bisa memasarkan atau memanfaatkan ilmu marketing dengan baik. Jika tidak mengenalkan produk terlebih dahulu maka masyarakat tidak akan mengetahui produk tersebut dan tidak akan mau untuk membeli produk tersebut.

Tetapi jika produk sudah dikenalkan atau di promosikan lewat iklan di media sosial ataupun platform lainnya maka produk tersebut langsung dikenal masyarakat. Jika produk sudah terkenal maka akan lebih mudah untuk menjual produk tersebut.

  • Meningkatkan Jumlah Pembeli

Marketing selain bisa membuat produk menjadi terkenal ternyata bisa juga membuat jumlah pembeli semakin bertambah jumlahnya. Pelaku bisnis yang tidak pandai marketing pasti akan sangat sulit untuk memperoleh konsumen sebab pelaku bisnis tersebut tidak mengetahui bagaimana caranya memasarkan atau mempromosikan produk.

Tetapi kalau sudah memahami hal tersebut maka pelaku bisnis tidak mungkin akan kesulitan mendapatkan konsumen baru. Sebab pelaku bisnis sudah bisa membuat strategi pemasaran yang sangat efektif untuk membantu proses berjalannya bisnis. Kalau memang tidak mampu membuat strategi tersebut bisa langsung meminta bantuan creative agency.

  • Meningkatkan Penjualan

Pelaku bisnis yang tidak mampu menjual produk dalam jumlah yang banyak berarti pelaku bisnis tidak mampu menjalankan proses marketing dengan baik. Jika bisa menjalankan proses tersebut secara baik dan benar maka penjualan akan selalu meningkat setiap harinya. Peningkatan penjualan juga tidak sedikit bisa meningkat sampai 50% dari total jumlah penjualan.

Agar penjualan selalu naik maka bisa mencoba beberapa strategi pemasaran seperti membuat konten produk yang menarik atau bisa juga mengoptimalkan website dan SEO. Jadi untuk pelaku bisnis yang masih pemula sebaiknya pelajari dulu ilmu marketing sebelum terjun ke dunia bisnis.

  • Meningkatkan Kepercayaan Pada Produk

Peran yang terakhir adalah dapat membangun kepercayaan terhadap produk yang dijual, jadi dengan mempraktikkan ilmu marketing maka konsumen atau pelanggan lebih mempercayai produk yang dijual oleh pelaku bisnis. Dengan begitu pelanggan tetap akan membeli produk meskipun banyak pelaku bisnis lainnya yang menjual produk sama.

Meskipun hal tersebut tidak langsung membuat penghasilan pelaku bisnis bertambah tetapi akan membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru dari testimoni ataupun ulasan yang dibagikan konsumen lama. Dengan begitu pelaku bisnis tidak perlu lagi mempromosikan produk lewat iklan karena konsumen membantu mengenalkan produk.

Tahapan Penting Dalam Marketing

Agar marketing bisa yang membuat bisnis menjadi lebih besar maka pelaku bisnis perlu menjalankan beberapa tahapan dan lebih dahulu. Tahapan yang pertama adalah mencari ide untuk memasarkan produk, setelah mendapatkan ide tersebut kemudian harus mengembangkan ide agar lebih menarik.

Setelah ada ide langsung saja melakukan riset dan juga pengujian, pelaku bisnis harus melakukan pengujian terhadap produk yang akan dijual. Jika produk sudah dianggap sempurna tinggal membuat iklan untuk produk tersebut.

Kalau iklan sudah dibuat tinggal menentukan produk tersebut akan dijual langsung ke konsumen atau menjual ke pengecer. Agar produk bisa terjual banyak maka gunakan strategi pemasaran dan penjualan yang dibuat oleh creative agency.