Perencanaan Keuangan Untuk Keluarga Baru

Membangun sebuah keluarga tentu akan sangat menyenangkan, namun jangan terlalu larut dalam euforianya terlalu lama. Pahami betul saat masuk ke dunia pernikahan ada banyak yang harus dipikirkan salah satunya masalah keuangan. Mengelola dan mengatur keuangan bisa dibantu menggunakan accurate desktop jika memang kalian menjalankan sebuah usaha bersama.

Pengelolaan Keuangan Setelah Menikah

Saat kalian melajang dan menikah tentu saja pengelolaan keuangannya berbeda. Terlebih lagi bagi kalian yang menjalankan usaha bersama tentu saja pembukuannya harus jelas dan dilakukan secara profesional.

Setelah menikah tentu saja keuangan bukan lagi untuk diri sendiri melainkan untuk pasangan dan anak nantinya. Maka dari itu ini yang perlu dipikirkan oleh para pengantin baru bahkan sudah jauh-jauh hari kalian persiapkan dan pikirkan.

Cara Melakukan Perencanaan Keuangan

Sebenarnya pengaturan keuangan tidak hanya berlaku bagi kalian yang menjalankan usaha bersama saja. Namun bagi kalian yang baru membangun sebuah keluarga harus bisa mengaturnya dan berikut cara mengatur keuangan secara tepat.

  1. Buat pola perencanaan

Pertama tentu saja buat pola perencanaan keuangan karena baik penghasilan ataupun pengeluaran menjadi bersama bukan sendiri-sendiri lagi. Maka atur perencanaan mulai dari pemasukan dan juga pengeluaran selama sebulan. Contohnya begini penghasilan suami untuk kebutuhan pokok dan penghasilan istri untuk kebutuhan yang sifatnya sekunder.

  1. Tentukan skala prioritas

Poin penting selanjutnya yaitu kalian harus menentukan skala prioritas yaitu kalian harus mampu memilah mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Saat berumah tangga kebutuhan menjadi berlipat ganda, bahkan pengeluaran akan semakin banyak. Ada tiga hal dalam skala prioritas ini yaitu rumah, pendidikan anak dan juga gaya hidup.

  1. Berinvestasi

Sebenarnya dalam membuat perencanaan keuangan tidak hanya berkutat pada bagaimana mengalokasikan uangnya saja. Akan tetapi hal yang paling penting lainnya kalian harus mampu menginvestasikan keuangan yang diperoleh dengan baik.

Investasi ini tidak sekedar menabung dan juga menyimpan uang saja. Akan tetapi juga bagaimana cara melakukan perhitungan serta pengalokasian dana sehingga mampu berkembang dan menghasilkan. Jika kalian sudah mulai berinvestasi jangan lupa gunakan accurate desktop untuk membantu dalam pencatatannya.

Bagi kalian yang bingung bagaimana cara mulai berinvestasi maka caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu menyisihkan penghasilan sebesar 10% saja. Nantinya uang tersebut bisa kalian gunakan sebagai salah satu modal investasi.

  1. Proteksi di masa depan

Untuk kalian pasangan muda bisa menjadikan asuransi menjadi poin penting ke dalam perencanaan keuangan. Proteksi semacam ini bisa dikatakan sebagai perlindungan di masa depan bersama dengan keluarga. Jadi dengan kata lain uang tersebut sudah teralokasikan sehingga jika kalian membutuhkan sesuatu maka pihak asuransi yang akan mengurusnya.

Maka mulai saat ini atur perencanaan keuangan dengan lebih baik tentunya agar kehidupan saat berkeluarga akan lebih terencana. Poin penting dalam melakukan pengaturan adalah buat semuanya terstruktur namun tetap mengutamakan kenyamanan dan kepentingan keluarga.

Jangan Ragu Mencari Penghasilan Tambahan

Kemudian penting juga diperhatikan di sini adalah jangan ragu untuk mencari penghasilan tambahan. Terlebih lagi jika hanya suami yang bekerja dan gaji masih tergolong pas-pasan, maka kalian bisa membuka usaha sendiri di rumah.

Walaupun baru merintis namun jangan lupa untuk membuat persiapan secara matang terutama dalam hal manajemen keuangan. Kalian juga bisa menggunakan accurate desktop untuk mempermudah melakukan pemantauan usaha.

Jika kalian sudah bisa membuat anggaran yang tepat dan pengelolaan keuangan yang bagus tentu saja usaha yang kecil tadi bisa berkembang. Banyak yang menganggap sepele hal ini, sehingga banyak dari pasangan muda yang memulai usaha cenderung diam di tempat tanpa kemajuan karena manajemen keuangannya yang salah.