Cara Melatih Komunikasi Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Komunikasi menjadi salah satu hal yang penting termasuk dalam hidup berumah tangga. Menggabungkan dua kepala dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda tentu bukanlah hal yang mudah. Maka tak jarang jika kita menemukan dua orang yang sudah menikah senantiasa beradu pendapat satu dengan lainnya.

Meskipun pertengkaran atau perbedaan pendapat dalam sebuah pernikahan adalah hal yang biasa. Namun jika hal tersebut terus menerus terjadi tentu saja menjadi kebiasaan yang kurang sehat. Maka dari itu harus ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Komunikasi adalah jawabannya.

Cara Melatih Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Komunikasi adalah kunci dari langgengnya sebuah hubungan rumah tangga. Tanpa komunikasi yang baik maka pernikahan tersebut hanya akan diliputi dengan pertengkaran dan konflik yang tak berkesudahan. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik masih bisa dilatih dengan beberapa cara. Berikut ini cara untuk melatih komunikasi yang baik dalam pernikahan.

  1. Jujur pada diri sendiri

Hal yang terpenting sebelum menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain adalah menjalin komunikasi yang baik terlebih dahulu dengan diri sendiri. Anda harus bisa jujur dengan apa yang diri Anda inginkan dan apa yang tidak diinginkan.

Hal tersebut juga berlaku untuk keinginan Anda terhadap pasangan. Ketika Anda menginginkan suatu hal coba tanyakan terlebih dahulu ke diri Anda. Apakah hal tersebut benar berasal dari keinginan Anda atau hanya karena pengaruh orang lain.

Jika apa yang inginkan benar dari dalam diri sendiri, Anda bisa mengutarakan kepada pasangan Anda terkait hal tersebut. Sampaikan dengan penuh kejujuran agar pasangan Anda bisa mengerti keinginan dan alasan Anda.

  1. Menjadi tempat yang nyaman untuk pasangan

Ketika sudah menikah selayaknya dua ini bisa saling melengkapi. Banyak yang menyebutnya sebagai menjadi “rumah” untuk pasangan masing-masing. Artinya untuk bisa berkomunikasi dengan baik, kita harus terlebih dahulu melatih diri agar bisa menyediakan tempat paling nyaman untuk pasangan kita.

Jika pasangan sudah nyaman, maka dengan sendirinya ia akan terbuka untuk bercerita apapun dengan Anda. Begitu pula dengan Anda, sudah sepatutnya Anda juga terbuka dan menceritakan segala hal ke pasangan Anda, karena ia adalah teman hidup Anda.

  1. Menghormati perbedaan

Ketika menikah kita pasti menyadari bahwa tidak mungkin bisa menikah dengan seseorang yang sepenuhnya sama. Atau ada juga yang sering menyebutnya dengan istilah ketika sudah memutuskan untuk menikahi seseorang, maka kita juga harus siap dengan segala sifat baik dan buruk yang dimilikinya.

Untuk menjaga komunikasi yang baik, maka kita harus terlebih dahulu terbiasa dengan perbedaan-perbedaan tersebut. Saling menghormati perbedaan yang ada adalah kunci agar bisa hidup berdampingan sampai akhir hayat.

  1. Menjadi pendengar yang baik

Menikah dengan seseorang itu artinya kita siap dengan segala cerita senang maupun sedih dari pasangan kita. Kita juga harus siap dengan segala keluh kesah yang dirasakannya. Agar komunikasi tetap terjaga dengan baik, maka latihlah diri kita dengan terbiasa menjadi pendengar yang baik.

Dengarkan seluruh ceritanya sampai selesai. Kemudian berikan respons terbaik yang Anda bisa. Jika memang diperlukan, Anda bisa memberikan saran ataupun kritik. Sampaikan juga saran dan kritik tersebut dengan cara yang baik.

  1. Bertanya pada pasangan

Ada kalanya seorang pasangan juga ingin ditanya oleh pasangannya. Misalnya saat seorang suami pulang bekerja dengan wajah yang muram. Maka sudah sepatutnya sebagai istri, bertanya tentang apa yang sedang dirasakan suaminya.

Bertanya bisa menjadi bentuk perhatian yang sederhana namun bermakna. Dengan bertanya komunikasi juga bisa tetap terjaga dengan baik. Bertanya juga bisa menghindarkan pernikahan dari spekulasi-spekulasi yang justru bisa menimbulkan pertengkaran.

Pentingnya Komunikasi dalam Rumah Tangga

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan dari komunikasi yang baik di dalam sebuah pernikahan, diantaranya:

  • Menjaga keharmonisan
  • Bisa mengenal satu dengan lainnya
  • Meningkatkan rasa percaya dengan pasangan
  • Membuat fisik dan psikis menjadi lebih sehat

Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan komunikasi di dalam rumah tangga yang harus kita pahami. Komunikasi adalah kunci keharmonisan dalam rumah tangga, maka dari itu berkomunikasilah dengan baik.