Android 12 Sediakan Khusus Untuk Para Gamers

Smartphone sudah menjadi teman setia manusia saat ini. Kemana saja dan dimana saja kita pasti membawa handphone. Sejauh ini smartphone bisa digunakan untuk apa saja. Mulai dari belajar, belanja online, berkomunikasi, sampai bermain berbagai games juga bisa dilakukan dengan nyaman menggunakan teknologi canggih yang satu ini.

Salah satu sistem yang dimiliki oleh ponsel pintar dikenal dengan nama Android. Sistem ini yang nantinya akan membuat ponsel yang Anda gunakan bisa berfungsi dengan baik dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Sistem Android sangat banyak versinya, yang terbaru adalah Android 12. Apa itu Android 12 dan apa saja fitur unggulan yang dimilikinya? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Android 12?

Android 12 merupakan versi terbaru yang dimiliki oleh Android. Sistem ini untuk pertama kali dikenalkan pada 18 Februari 2021. Pada saat diumumkan, sistem ini masih dalam tahap developer preview pertama. Sedangkan pada saat ini Android 12 sudah memasuki tahap beta. Maksudnya adalah sistem ini sudah bisa dicoba olah khalayak ramai. Dan mungkin sebentar lagi kita bisa menikmati sistem canggih ini.

Fitur Khusus untuk Para Gamers

Bagi Anda pecinta games online, pastilah Anda sudah tidak sabar menanti kemunculan dari sistem Android ke 19 ini. Pasalnya di sistem terbarunya, Android menghadirkan fitur khusus yang bisa menyenangkan hati para gamers.

Fitur tersebut adalah layanan untuk memainkan games sembari di unduh. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Fitur ini diberi nama Play As You Download. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu menunggu proses instaling selesai untuk memainkan games online tersebut.

Salah satu contohnya adalah games dengan nama Genshin Impact. Game ini memiliki ukuran yang relatif besar yakni lebih dari 3 GB. Ukuran yang sangat besar tersebut mungkin akan membuat proses download dan instaling menjadi lama.  Maka dari itu, sembari menunggu games selesai dipasangkan pada ponsel pintar tersebut, Anda bisa memainkan terlebih dahulu games tersebut.

Menurut Google, fitur ini akan tersedia jika game tersebut menyediakan dua file yakni file utama yang berfungsi agar games bisa dimainkan, dan juga file tambahan yang memungkinkan games tersebut bisa dimainkan sembari diunduh.

Sejauh ini fitur menarik ini hanya bisa digunakan jika developer dari game tersebut sudah tergabung dalam program beta test. Google juga memiliki rencana untuk merilis dashboard khusus game ke sistem Android tersebut ini yang sejauh ini tersedia di berbagai produsen ponsel pintar.

Fitur Unggulan Android 12

Selain fitur khusus untuk para gamers, Android 12 juga hadir dengan beberapa fitur unggulan lainnya. Berikut ini daftarnya:

  1. Tampilan antar muka memiliki pembaharuan

Android 12 ini ternyata memiliki desain baru untuk tampilan antar mukanya. Desain tersebut diberi nama Material You. Desain baru ini memberikan visual tombol yang besar, animasi yang beragam, dan widget baru yang ada di layar beranda.

Tampilan antar muka di Android 12 juga memberikan fitur untuk mengubah tema secara otomatis. Android ini juga dilengkapi dengan sistem tangkap layar bergulir.

  1. Pembaruan platform

Bukan hanya tampilan antar mukanya saja yang berubah, namun platform dari sistem terbaru milik Android ini juga mengalami perbaikan. Android 12 kini memberikan penawaran aksesibilitas untuk tunanetra dengan lebih baik. Di sistem ini juga ada audio visual dan MPEF H 3D Audio, serta didukung transcoding video HEVC untuk melakukan kompabilitas mundur bagi aplikasi yang kurang mendukung.

  1. Privasi lebih aman

Pengguna Android 12 tidak perlu lagi mengkhawatirkan seputar keamanan data diri dan data lainnya. Sebab sistem ini sudah dilengkapi dengan keamanan yang canggih seperti akses lokasi untuk beberapa aplikasi di sistem ini dibatasi. Android ini juga dilengkapi dengan pengaturan cepat pada kamera dan mikrofon serta adanya indikator yang akan menyala saat kamera atau mikrofon aktif.

Itulah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh sistem terbaru dari Android. Belum diketahui pasti kapan sistem ini bisa mulai digunakan, namun jika melihat dari pengalaman sebelumnya biasanya Google akan merilis sistem terbaru mereka sekitar bulan September.

Related Post